Wisata ke Pangandaran dengan Transportasi Bus Umum - Pangandaran Tour & Travel™ - Travelpangandaran.com
Home » Paket Wisata Pangandaran » Wisata ke Pangandaran dengan Transportasi Bus Umum

Wisata ke Pangandaran dengan Transportasi Bus Umum

Pangandaran
Pangandaran

Pangandaran merupakan kecamatan yang terletak di Ciamis, Jawa Barat. Tempat ini merupakan kawasan wisata yang seringkali ramai dikunjungi para wisatawan baik asing maupun lokal. Disini terdapat ragam wisata bahari yang bisa memanjakan kamu selama berlibur. Pantai adalah salah satu destinasi menarik dari kawasan wisata ini. Namun diluar daripada itu, masih banyak objek-objek wisata lainnya yang bisa dieksplor keindahannya.

Untuk bisa sampai ke Pangandaran tentunya bisa dengan berbagai cara. Jalur udara, kamu bisa menggunakan pesawat, atau jalur darat dan memanfaatkan kereta api ataupun bus. Jika kamu punya kendaraan pribadi juga tidak ada salahnya mencoba kesana dengan kendaraan pribadimu. Namun perjalanan akan cukup menyita waktu dan mungkin kamu akan kelelahan.

Untuk bisa jalan-jalan ke Pangandaran dengan lebih hemat, transportasi yang paling tepat adalah bus umum. Jalan-jalan ke destinasi wisata bahari yang satu ini memang membutuhkan budget yang lebih. Pasalnya jarak tempuh juga cukup jauh bagi yang berdomisili diluar kota ataupun luar pulau Jawa. Memanfaatkan transportasi darat seperti bus umum dirasa akan lebih efektif untuk menghemat budget liburan.

Transportasi ke Pangandaran
Transportasi ke Pangandaran
  • Bila kamu berangkat dari Jakarta, kamu bisa berangkat dari terminal kp. Rambutan. Disana kamu tinggal naik bis kp. Rambutan- Pangandaran. Kamu tidak akan naik turun bus umum cukup menggunakan bus satu ini saja maka kamu akan sampai diterminal Pangandaran. Darisana, kamu bisa langsung menuju pantai dengan berjalan kaki ataupun naik becak karena jaraknya cukup dekat yaitu sekitar 300 meteran saja.
  • Jika kamu berangkat dari Bandung, kamu bisa berangkat dari terminal Cicaheum dan naik bus jurusan Bandung-Tasik Malaya- Banjar- Pangandaran. Banyak bus dengan jurusan ini yang bisa kamu ambil seperti bus Budiman. Kamu akan berhenti di terminal Pangandaran nantinya dan seperti diatas, kamu juga bisa berjalan kaki menuju pantai atau menggunakan jasa tukang becak.
  • Jika kamu berangkat dari Yogyakarta, kamu bisa ke terminal Yogyakarta dan mengambil bus jurusan Yogyakarta- Cilacap-Kalipucang-Pangandaran. Kemudian kamu akan langsung sampai diterminalnya yang berjarak tidak jauh dari pantai.
Bus ke Pangandaran
Bus ke Pangandaran

Dengan menggunakan transportasi umum seperti ini, kamu tidak hanya bisa berhemat dengan budgetmu, tapi juga bisa mengurangi kemacetan. Naik bus seperti ini biasanya dilakukan oleh para backpacker. Buat kamu yang ingin liburan hemat namun tetap seru dan menyenangkan tidak ada salahnya mengadaptasi cara seperti ini. Terutama jika kamu pergi sendirian sehingga lebih leluasa.

Untuk sekedar tips, ada baiknya kamu berangkat pagi atau tengah malam. Jika kamu berangkat sekitar 6, kamu mungkin sampai pada sore harinya untuk berburu sunset. Atau kamu bisa juga berangkat malam misalnya jam 9 atau 10 malam dan kamu bisa menikmati sunset dipantai. Berangkat pada malam atau tengah malam sebenarnya lebih nyaman karena kamu tidak akan kepanasan selama perjalanan.

Tips liburan hemat ke Pangandaran

Selain menggunakan transportasi/bus umum, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk liburan yang lebih hemat, seperti:

– Akomodasi

Berwisata ke Pangandaran tentu saja membutuhkan penginapan karena berlibur disana tidak cukup hanya satu hari saja. Oleh karena itu, akomodasi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Banyak yang mengira disana hanya tersedia hotel-hotel dan resort-resort dengan harga sewa selangit. Namun buat kamu traveler sejati tidak perlu khawatir karena banyak alternatif yang bisa dilakukan untuk mendapatkan akomodasi yang nyaman dan aman.

Kamu bisa mencari tempat penginapan murah yang disewakan per hari. Harga yang murah mulai dari Rp 75.000- 100.000 per hari. Harga ini tentu saja kalah jauh dibanding dengan harga sewa hotel.

Cara lainnya yaitu kamu bisa tinggal di homestay atau rumah warga. Disana kamu bisa mendapatkan beberapa warga yang menawarkan kamarnya untuk disewakan. Dijamin kamu akan mendapatkan harga yang super miring. Namun, biasanya homestay memerlukan ijin dari RT setempat sebelum kamu bisa menginap disalah satu rumah warga.

– Transportasi

Pangandaran tidak melulu tentang pantai namun masih banyak objek wisata lainnya yang harus dan wajib dikunjungi seperti Green Canyon, Pantai Batu Karas, Penangkaran penyu, dan masih banyak lagi.

Namun, jarak setiap objek wisata cukup jauh sehingga akan membuang waktu jika ditempuh dengan jalan kaki. Namun akan boros jika naik angkutan umum. Terlebih tidak semua angkutan umum bisa mengantarkan kita ke objek wisata yang dituju.

Alternatifnya ialah kamu menyewa kendaraan baik itu sepeda maupun sepeda motor. Untuk biaya sewa sepeda motor sendiri, kamu cukup mengeluarkan Rp 50.000 per hari. Kamu bisa menjelajahi Pangandaran sepuasnya dengan motor yang kamu sewa ini. Untuk tarif tiket masuk disetiap objek wisata tidak dikenakan biaya yang terlalu mahal. Yakni hanya sekitar Rp 7.500 – 50.000.

– Konsumsi

Makan tentu saja menjadi hal yang wajib sekalipun sedang berlibur. Untuk bisa makan hemat, kamu bisa mengakalinya dengan cara makan di warung-warung yang terdapat dipinggiran jalan menuju objek wisata yang kamu tuju. Banyak warga yang menjajakan makanannya disana dengan harga yang pasti murah.

Jika kamu pecinta seafood, akan lebih baik untuk membeli ikan dan hewan laut lainnya pada nelayan yang baru saja selesai menangkap ikan. Harganya biasanya relatif murah. Setelah mendapatkan yang kamu inginkan, kamu bisa langsung ke ke tempat pelelangan ikan untuk mengolahnya sesuai keinginanmu.

– Oleh-oleh

Oleh-oleh tentunya hal wajib yang harus kamu bawa dari liburan. Kamu tidak perlu khawatir dengan harga oleh-oleh yang mahal. Tentu saja harga oleh-oleh di toko dekat objek wisata relatif mahal. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mengunjungi pusat pembuatan oleh-oleh secara langsung.

Selain bisa mendapatkan harga yang super miring, kamu bisa mendapatkan ilmu baru mengenai cara pembuatan oleh-oleh yang ingin kamu beli. Dengan begitu, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Membeli oleh-oleh tidak perlu mahal yang penting bisa merepresentasi tempat wisata yang kamu kunjungi. Disamping itu, harga oleh-oleh yang murah bisa membuatmu membeli dalam jumlah yang banyak untuk bisa dibagikan ke teman-teman atau keluarga.

Sebelum berlibur ke Pangandaran, pastikan semua telah direncanakan dengan sematang mungkin agar perjalanan nyaman dan aman. Persiapan tidak hanya melulu tentang uang tapi juga berhubungan dengan kesehatan kamu. Pastikan tubuh berada dalam keadaan sehat sehingga liburanmu nanti tidak akan terganggu dengan badan yang tidak fit. Jika kamu sedang sakit atau kurang fit ada baiknya menjadwalkan ulang waktu liburanmu.

Pangandaran tentu saja objek wisata yang menyenangkan untuk dijelajahi terlebih jika kamu berwisata kesana bersama teman-teman atau keluarga dekat kamu. Susasana akan semakin seru dan menyenangkan karena banyak objek wisata yang layak untuk dikunjungi. Liburanpun tidak perlu menghabiskan budget yang terlalu besar jika kamu mengaplikasikan tips-tips liburan hemat seperti diatas.